x

Telaga Cebong

Telaga Cebong Berada di bawah bukit Sikunir. Telaga ini bisa dilihat dari berbagai sudut, dari desa Sembungan, dari jalan raya menuju ke parkir area ,dari sebelah selatan yang merupakan masih area pertanian warga, namun yang paling menarik adalah penampakan Telaga Cebong dari puncak bukit Sikunir sebelah barat.  Para wisatawan yang hendak turun dari bukit Sikunir akan bisa menyaksikan pemandangan Telaga Cebong dari atas.

Pemandangan Telaga Cebong dari Sikunir

Telaga Cebong terbentuk alami dari bekas letusan kawah ribuan tahun yang lalu , air hujan menggenang di cekungan tersebut dan terbentuklah telaga.

Nama telaga Cebong di ambil dari bahasa Jawa, Cebong artinya anak katak. Menurut cerita rakyat setempat, dulu banyak sekali katak yang hidup di telaga tersebut yang jumlahnya mencapai puluhan ribu, dan dari situlah nama cebong di ambil, karena setiap kali terlihat banyak anak katak di sekitar telaga Cebong.

Habitat lain adalah meliwis, sejenis burung atau bebek yang hidup di sekitar telaga Cebong, sebelum tahun 2007 masih banyak di temukan , tetapi sudah tidak lagi terlihat setelah tahun tersebut di karenakan banyak sekali kontaminasi bahan kimia yang di pakai petani untuk membasmi hama di lahan pertanian . Ikan lele, ikan bandeng, dan jenis ikan wader, ikan yang bentuknya lebih kecil di bandingkan dengan jari manusia pada umumnya .

Setiap beberapa waktu tertentu dari pemerintah lokal setempat di sebar benih ikan, dan di perbolehkan setiap warga setempat atau warga desa tetangga untuk memancing ikan di danau tersebut dengan maksud untuk bukan komersial.

 

Pernah pada tahun 2008 ada bencana alam berupa gas beracun keluar dari dasar danau dan banyak ikan mati mengambang di permukaan danau. Memang masih ada beberapa tempat yang aktif yang bisa ada timbul gas beracun dari beberapa lokasi di sekitar telaga Cebong.

Telaga Cebong - salah satu  Telaga wisata di desa sembungan

Untuk baru baru ini telaga cebong bisa di kelilingi tanpa harus jalan kaki menyusuri tepi telaga, melainkan dengan cara menggunakan perahu motor yang bisa mengantarkan wisatawan sampai ujung telaga. Dari tengah telaga bisa terlihat banyak pemandangan yang menarik, mulai dari pemandangan bukit seroja, gunung pakuwojo, sikunir, pemandangan desa Sembungan dan bisa juga melihat ikan yang banyak hidup di telaga .